Senin, 26 September 2011

Protes China, Dua Biksu Muda Tibet Bakar Diri

 
 Dua biksu muda Tibet membakar diri mereka sendiri sebagai bentuk protes kebijakan China di prefektur Aba, provinsi Sichuan pada Senin 26 September 2011. Aksi protes ini dikhawatirkan menyulut bentrokan antara para biksu dengan tentara China, seperti yang terjadi 2008 lalu.

Dilansir dari kantor berita Reuters, kedua biksu bernama Lobsang Kalsang, 18, dan Lobsang Konchok, 19, dari kuil Kirti membakar diri mereka pada pukul 10 pagi waktu setempat. Menurut lembaga advokasi Tibet di pengasingan, Free Tibet, para biksu ini meneriakkan kata-kata "Panjang Umur Dalai Lama" sebelum membakar diri.

"Ketika mereka membakar diri, mereka juga berteriak: 'Kami perlu kebebasan beragama'," kata seorang aktivis pembebasan Tibet yang tidak ingin disebutkan namanya.

Beruntung, sebelum api sempat membakar habis para biksu sampai mati, mereka berhasil diselamatkan. Menurut kantor berita Xinhua, kedua biksu selamat dengan luka bakar yang tidak mengancam jiwa.

Aksi bakar diri dua biksu ini adalah aksi keempat yang dilakukan para biksu di kuil Kirti. Aksi sebelumnya dilakukan pada Maret lalu saat biksu bernama Phuntsog, 20, membakar dirinya hingga tewas. Aksi ini disusul oleh aksi warga yang menutup jalan menuju kuil, agar tentara China tidak dapat menangkap para biksu.

Namun enam hari kemudian, tentara China menyerbu masuk ke kuil dan menangkap 300 biksu. Sebuah laporan mengatakan dua orang tewas dalam penyerbuan tersebut. Pada pengadilan Agustus dan awal September lalu, tiga biksu dihukum penjara 10-13 tahun karena dinilai membantu aksi bakar diri Phuntsog.

Aksi bakar diri terbaru ini dikhawatirkan dapat kembali menyulut bentrokan. Sebelumnya pada 2008, kuil Kirti menjadi pusat protes penentangan kebijakan China di Tibet. Pada kerusuhan tersebut, 10 orang dilaporkan tewas ditembak tentara China. Kerusuhan ini disebut sebagai insiden berdarah terparah di Tibet selama 20 tahun terakhir. (umi)
sumber : Vivaews.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes